Tips Memberikan Susu Bayi Formula Secara Tepat untuk Si Kecil

By | May 26, 2018

Menantikan kelahiran bayi menjadi hal yang sangat mendebarkan. Memiliki bayi tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk semua orang tua, terutama jika bayi tersebut adalah anak pertama dan orang tua belum memiliki cukup pengalaman dalam perawatan anak. Salah satu hal penting yang wajib untuk dipertimbangkan yakni makanan bayi. ASI memang menjadi makanan bayi yang paling penting. Meski demikian, tak semua Ibu mampu memberikan ASI dengan cukup atau bahkan tak mampu produksi ASI karena kondisi tertentu sehingga menjadikan susu bayi formula sebagai alternatifnya.

Untuk memberikan susu formula pada anak pun sebetulnya tidak sulit karena kini sudah ada banyak sekali merk susu formula di pasaran. Bahkan jika Anda menilik situs belanja online, maka banyak sekali merek pilihan yang bisa Anda lihat di sana. Namun apapun merknya, Anda harus perhatikan benar jika susu itu aman untuk bayi dan sudah terdaftar di BPOM sehingga keamananannya bisa terjamin, apalagi ini untuk bayi. Pada dasarnya hampir semua susu formula itu sama, namun yang berbeda hanya di kadar nutrisinya saja yang terkadang persentasenya beda.

susu bayi

Aneka Susu Bayi Formula via WanitaModern.com

Bagi Anda yang ingin memberikan susu formula untuk bayi secara aman dan tepat, maka berikut ini beberapa hal yang patut dipahami:

1.Sesuaikan dosis pemberiannya

Hindari memberikan lebih ataupun kurang dari takaran yang sudah dianjurkan oleh produsennya. Anda bisa lihat takarannya dari kemasan susu dimana jika terlalu banyak maka akan kental sehingga pencernaannya sulit. Sedangkan jika terlalu encer, umumnya bayi akan mudah lapar kembali. Pakai sendok takar secara tepat sehingga menjadikannya pas.

Susu Bayi

Gunakan Sendok Takar yang Pas

2. Perhatikan kebersihannya

Kebersihan dalam pembuatan susu tentu juga menjadi hal penting yang tak boleh untuk diabaikan. Sebelum membuat susu, ada baiknya jika Anda merebus botol susu lebih dulu ke dalam air mendidih sehingga memungkinkan semua kuman yang ada di dalamnya mati serta memastikan jika kondisi botol sudah steril. Susu bayi juga harus dicampurkan dengan air matang yang tidak terlalu panas.

3. Hindari menjadwalkan pemberian susunya

Kadang banyak orang tua yang menjadwalkan pemberian susu kepada si kecil. Hal ini sebetulnya sama sekali tidak baik karena perlu Anda tahu jika nafsu makan pada bayi dari hari ke hari berbeda. Biarkan saja dirinya yang atur waktu makannya. Jika bayi memberikan isyarat untuk meminta susu, maka jangan tunda dan berikan saja. Tentunya hal ini juga disesuaikan dengan usia bayi Anda.

No Schedule Susu Bayi

Beri Bayi Susu tanpa Jadwal

4. Beri susu formula seperti Anda memberi ASI

Jika bayi Anda masih di rentang usia kurang dari 6 bulan, maka usahakan untuk memberikannya susu formula seperti halnya ketika Anda memberikan ASI yakni dengan cara digendong. Jagalah kontak mata, kulit dan usahakan untuk bicara dengannya. Hal ini akan membantu Anda dan bayi untuk bisa mendapatkan kontak fisik dan kedekatan dimana amat dibutuhkan ketika dirinya berkembang.

Itulah beberapa tips bagi Anda dalam memberikan susu formula untuk bayi. Susu formula saat ini pun sudah banyak yang diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga baik untuk bayi. Namun Anda juga harus ingat jika makanan terbaik untuk bayi sejak dirinya lahir adalah ASI. Usahakan hanya gunakan susu bayi jika kondisi memang sangat genting, bukan hanya karena alasan malas, tak ada waktu atau mungkin takut tubuh Anda jadi kurang bagus.

 

Clip to Evernote

4 thoughts on “Tips Memberikan Susu Bayi Formula Secara Tepat untuk Si Kecil

    1. bangsaid Post author

      Anak saya juga minumnnya UHT mba. Apalagi kalau ke sekolah atau pergi-pergi. Cuman sekarang kalau di rumah dibiasakan bubuk lagi.

      Reply
  1. dian Farida Ismyama

    Kebersihan adalah hal utama karena banyak anak jadi diare minum susu formula, ternyata higienitas air atau botolnya yang bermasalah. Oh ya, cek suhu air juga penting. Aku pernah dapat kisah ada pembantu yg ngasih susu pakai gula, tapi selama ini dia salah ambil, malah ambil garam, hiks terus tuh anak kena penyakit apa gitu, kan sedih ya karena keteledoran

    Reply
    1. bangsaid Post author

      ckckc… horor banget mba.
      Sama kayak tetangga mertua. Anak jadi sakit karena kebersihan botolnya ga dijaga. Sekarang sering bolak balik RS

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge