Ini Dia Ragam Mainan Edukasi Anak yang Mudah Ditemui di Pasaran

By | February 16, 2018

Fungsi dari otak manusia sendiri adalah untuk mengatur semua hal yang berkaitan dengan tubuh, mulai dari berpikir, mendengar, melihat hingga mengorganisir semua perintah anggota tubuh yang lainnya, sehingga kepala memang menjadi bagian terpenting dari tubuh manusia. Hanya saja dengan tidak sering menggunakan otak untuk berpikir nantinya juga akan membuat kemampuannya semakin turun. Itulah mengapa semenjak usia dini maka ada tuntutan untuk mulai merangsang kemampuan otak. Bagi bayi atau anak-anak sendiri cara termudah adalah dengan mengajak mereka untuk bermain menggunakan mainan edukasi.

Bermain memang menjadi satu-satunya kegiatan yang bisa dilakukan agar fungsi otak menjadi kian maksimal, mengingat sebagian banyak diantara anak-anak hanya menghabiskan waktunya untuk kebutuhan bermain saja dan juga tidur. Jika dalam permainan sama sekali tidak di sisipi dengan hal-hal yang sifatnya edukatif, maka akan membuat perkembangan sel-sel kecerdasan anak juga melambat, akibatnya akan kesulitan bagi mereka untuk menerima dan menyerap informasi di kemudian hari.

Sehingga untuk mendapatkan anak yang cerdas maka bisa dimulai sedini mungkin. Cukup dengan mengajak mereka bermain menggunakan mainan edukasi. Ada banyak sekali jenis mainan edukasi anak umur 1, 2, 3, 4, 5 tahun bahkan hingga anak yang sudah besar. Mainan ini memiliki fungsi mendidik untuk buah hati yang bisa Anda belikan di pasaran, berikut ini ragam-ragamnya:

  1. Puzzle, dikenal juga sebagai bongkar pasang, sebuah mainan yang terdiri dari gambar yang nantinya akan dipecah-pecah menjadi beberapa bagian, tugas buah hati adalah menyatukannya secara tepat. Permainan yang satu ini bisa merangsang daya analisis mereka dan juga kemampuan untuk mempertajam penglihatan, sangat bagus untuk kecerdasan buah hati. 

    Puzzle dapat membangun Kecerdasan Visual Spasial anak

    Puzzle dapat membangun Kecerdasan Visual Spasial anak

  2. Drum, alat musik yang satu ini ternyata tidak hanya bagus untuk merangsang kreatifitas mereka, melainkan juga daya koordinasi antara tangan dan juga gerakan tubuh ketika memukul. Cocok dijadikan sebagai pilihan mainan untuk para orang tua yang memiliki anak laki-laki. 

    Drum Anak untuk membangun kecerdasan musikal dan kinestetik

    Drum Anak untuk membangun kecerdasan musikal dan kinestetik

  3. Buku gambar, umumnya ketika sudah memasuki usia sekolah maka mau tidak mau mereka harus belajar cara menulis dan juga membaca. Dengan mengawalinya menggerakkan tangan yaitu mewarnai akan memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk merangsang agar tangan mereka jadi lebih sinkron dengan otak ketika akan menulis, belajar menulis dan menggambar nantinya akan jadi jauh lebih mudah.
  4. Edugames, tentunya harus tetap dengan pengawasan orang tua sehingga nantinya buah hati tidak mengalami kecanduan, mengingat jenis permainan yang satu ini memanfaatkan fasilitas gadget atau smartphone, yaitu bisa didownload secara gratis tanpa harus membelinya. Edugames memang dikhususkan untuk anak-anak agar mereka tidak hanya bermain, melainkan juga sambil terpikir atau menggunakan otaknya. Hanya saja memang tidak boleh sembarangan, karena kebanyakan justru malah kecanduan akan game ini. Jadi jika orang tua dirasa kurang mampu mengawasi anak, sebaiknya berikan anak jenis permainan lainnya yang nyata.
  5. Balok, bermain balok ini sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak dalam daya kreatifitas atau imajinasi mereka, membangun hal-hal yang baru dengan menggunakan sarana bermain tersebut. 

    Balok Natural, sangat baik untuk membangun kemampuan kognitif anak

    Balok Natural, sangat baik untuk membangun kemampuan kognitif anak

  6. Lego, permainan yang sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat, baik itu generasi-generasi terdahulu hingga saat ini, mainan ini bahkan belakangan dijual dalam berbagai macam ukuran, mulai dari yang besar biasanya ditujukan untuk anak-anak, hingga yang paling kecil untuk orang dewasa yang masih gemar membangun dengan menggunakan lego. Bagus untuk merangsang kecerdasan buah hati. 

    Selain untuk membuat bangunan, Lego juga bisa digunakan untuk membangun kemampuan klasifikasi anak

    Selain untuk membuat bangunan, Lego juga bisa digunakan untuk membangun kemampuan klasifikasi anak

Mainan edukasi tersebut juga banyak dijual secara online, Anda bisa membelinya secara mudah di toko online atau di blog referensi yang membahas tentang anak. Pilah-pilih yang benar-benar memberikan manfaat untuk buah hati.

Clip to Evernote

One thought on “Ini Dia Ragam Mainan Edukasi Anak yang Mudah Ditemui di Pasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge