Model Baju Batik dan Makna di Balik Motifnya

By | January 16, 2018

Model baju batik belakangan ini lebih dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga bukan alasan lagi malu menggunakannya karena tampak seperti orangtua. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang wajib untuk dilestarikan, sehingga tak heran hingga sekarang ini masih ada dan senantiasa berkembang, karena kecintaan masyarakat sendiri yang masih mengenakannya dalam berbagai kebutuhan, mulai dari acara-acara penting, bekerja, hingga untuk kebutuhan santai, maka batik masih jadi pilihan terbaik.

Kain batik yang ada di Indonesia motifnya sangat banyak, mulai dari yang berasal dari keratonan Jogja, hingga batik Sidomukti maupun Jepara semuanya ada di pasaran. Bahkan kian lama ada kian banyak diantara wilayah di Indonesia yang memiliki motif batik mereka sendiri. Jika dilihat tampilannya juga cantik-cantik, tentu dengan makna yang berbeda-beda. Jangan salah, meskipun sekilas dilihat batik ini tampak seperti hiasan biasa yang rumit, namun sebenarnya tak sekedar itu, di balik setiap gambar di dalamnya tersimpan sebuah makna.

Tak jarang diantaranya adalah makna-makna yang baik seperti menggambarkan persahabatan, kekuatan atau bisa jadi juga sebuah makna yang menggambarkan bela sungkawa atau kematian. Jadi ketika Anda membelinya, maka jangan hanya melihat dari model baju batik tersebut, lebih penting lagi mengenali motifnya dan juga tau maknanya, sehingga pakaian yang digunakan jadi jauh lebih berkesan. Untuk itu berikut ini beberapa jenis motif batik populer dan juga makna di dalamnya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Untuk menghadiri sebuah acara pernikahan maka Anda dianjurkan untuk memakai motif jalu, ini termasuk salah satu batik khas Jogja yang banyak dipakai oleh masyarakat setempat ketika akan datang ke pesta, yaitu pesta pernikahan. Ia memiliki makna yaitu semangat hidup lebih baik juga gairah, sebagai bentuk dukungan pengantin yang tengah melangsungkan acara pernikahan. 

    Model Baju Batik

    Batik Mofit Jalu

  2. Sido jodho adalah pilihan terbaik bagi pengantin yang akan melangsungkan acara pernikahan, acara lain seperti lamaran Anda tetap cocok mengenakan kebaya dipadukan dengan bawahan batik ini. Seperti namanya sido jodho artinya adalah jadi pasangan, sehingga mereka yang mengenakan busana ini diharapkan akan menjadi pasangan yang sebenarnya, awet hingga ajal memisahkan.
  3. Motif parang yang memberikan arti sebuah kewibawaan, khusus yang ingin bekerja, biasanya memang ada tuntutan khusus untuk mengenakan batik di hari-hari tertentu, bisa menjadikan motif ini sebagai pilihan terbaik, motif parang cukup populer di kalangan masyarakat, ia memiliki arti berwibawa. 

    Motif Batik Parang

    Batik Motif Parang

  4. Jangan gunakan motif slobok untuk datang ke acara pernikahan ataupun acara-acara bahagia lainnya, ia adalah motif yang menunjukkan rasa duka cita, dari warnanya sendiri sudah bisa dilihat bahwa batik yang satu ini memang menggambarkan rasa kehilangan. Untuk itu ia hanya dipakai ketika tengah melayat saja. 

    Motif Slobog

    Motif Slobog (sumber L batiklatarbiru.com)

  5. Motif awan untuk hari-hari biasa, motif awan dikenal juga dengan mega mendung, ia bergambarkan kumpulan awan yang berjejeran, motif ini bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik ketika dipakai untuk hari-hari biasa, ia memberikan arti sebuah ketenangan. Banyak pilihan warnanya yang cerah seperti biru. 

    Motif Batik Awan

    Batik Motif Awan

Tak kalah dengan busana-busana yang lainnya, maka kain khas Indonesia ini memang memiliki makna tersendiri, patut menjadi pertimbangan Anda untuk acara-acara resmi. Baik itu wanita maupun pria bisa tampil secara menarik dengan mengandalkan pakaian batik. Model baju batik modern banyak dijual dalam bentuk jadi, ingin yang lebih cantik desainnya juga bisa mengandalkan desainer untuk membuatnya.

Clip to Evernote

9 thoughts on “Model Baju Batik dan Makna di Balik Motifnya

  1. Katerina

    Aku pun suka dengan batik. Bangga memakainya. Tapi kebanyakan kain batikku tetep utuh sebagai kain, tidak kubuat baju. Kalau perlu baju, biasanya beli jadi. Ga jahit.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Saya malah sengaja beli bahan batik untuk dijahit baju mba 😀

      Reply
  2. ivonie

    Wah kalau pakai batik mesti cermat sama motifnya ya mas. Biasa kalau nikah pakai motif sidomukti kata orang tua, saya dlu pakai itu pas akad 😀

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Iya mba. Mega mendung itu salah satu batik motif awan

      Kalo batik Slobog (mungkin yang tepat menulisnya seperti ini) gambarnya agak kotak-kotak begitu mba

      Reply
  3. April Hamsa

    Pernah ke museum tekstil dan liat2 motif batik banyak banget ya ternyata 😀
    Tapi saya gak terllau hafal motifnya, pokoke batik itu cocok buat kondangan haha

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Saya pikir dulunya juga begitu mba. Ternyata motif kek Slobog itu ga cocok kalau buat kondangan. Lebih pas untuk melayat atau upacara kenegaraan

      Reply
  4. Grace Melia

    Batik ini bener-bener warisan budaya yang keren luar biasa ya. Zaman dulu yang pake cuman ortu-ortu. Sekarang hepi deh, anak-anak muda juga banyak yg bangga pakai batik. Jadi tau ttg arti motif-motifnya. Makasih udah share, Bang Said.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge