Mengenal Seputar Fungsi dan Tips Memilih Breast Pad yang Tepat

By | January 17, 2018

Setelah melahirkan biasanya ada banyak hal yang baru disadari oleh ibu. Ada banyak perasaan yang baru dirasakan setelah menjadi seorang ibu seperti mengerti mengenai kasih sayang ibu sehingga akan lebih menghormati orangtua, akan merasakan kasih sayang yang tidak terbatas pada bayinya, dan juga perasaan lainnya. Selain berbagai perasaan sentimental tersebut, biasanya ibu juga akan mengalami hal yang baru dan berbeda. Seperti adanya stretch mark yang ada pada kulitnya dan juga mengalami masalah air susu yang merembes. Masalah mengenai ASI yang kadang merembes tersebut sekarang tidak menjadi hal yang memusingkan lagi karena sudah ada inovasi yang bisa dibeli dan dipakai oleh ibu yang baru melahirkan dan menyusui. Alat tersebut adalah breast pad yang bisa digunakan oleh ibu menyusui.

Breast Pad

Breast Pad seperti ini sangat berguna sekali untuk Ibu Menyusui

Alat tersebut merupakan bantalan yang memang didesain khusus untuk dapat mencegah ASI yang merembes keluar. Hal tersebut memang tidak bisa dikontrol oleh ibu sehingga apabila ada ASI yang merembes tentunya akan membuat tidak nyaman bagi ibu. Oleh karena itulah penggunaan alat ini sangat disarankan untuk ibu yang menyusui bayinya. Sehingga akan sangat bermanfaat apabila dipakai diluar dan sedang berada di publik agar walaupun ada ASI yang keluar tidak akan merembes dan membuat baju basah dan membuat ibu tidak nyaman dan tentunya merasa malu.

Manfaat tersebut sangat dibutuhkan sehingga ibu yang menyusui bisa untuk menggunakannya untuk dapat mencegah merembesnya ASI. Alat ini juga sangat mudah dipakai karena tinggal diletakkan di bagian payudara dan mempunyai bentuk yang bundar yang nyaman digunakan. Ketika akan memilih alat ini, ibu bisa untuk menggunakan beberapa tips untuk dapat memilih alat yang terbaik. Beberapa cara yang digunakan tersebut adalah:

1.Memilih tipe breast pad

Tips pertama yang bisa digunakan adalah dengan memilih tipe yang tepat. Ada dua jenis yang ada di pasaran yaitu yang dapat dicuci atau yang sekali pakai. Jenis tersebut tentunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan ibu. Untuk jenis yang sekali pakai mempunyai bahan yang biasanya digunakan untuk popok bayi dan juga pembalut. Dan sangat cocok untuk ibu yang mempunyai kulit yang sangat sensitif sehingga dapat untuk mencegah iritasi. Sedangkan untuk yang dapat dicuci akan mempunyai manfaat lebih hemat karena bisa dipakai ulang dengan cara dicuci bersih. Jenis yang dapat dicuci ini akan sangat cocok untuk ibu yang berencana memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 2 tahun. Sehingga akan lebih hemat dan menghemat pengeluaran.

 2. Memilih ukuran yang pas

Dan tips selanjutnya untuk mendapatkan alat ini yang tepat adalah dari ukurannya. Pastikan Anda untuk memilih ukuran yang tepat yaitu yang sesuai dengan ukuran payudara ibu. Sehingga dapat untuk mencegah ASI merembes dengan sempurna. Karena apabila memilih ukuran yang kecil biasanya ASI dapat keluar sedangkan ketika memilih yang terlalu besar maka tidak akan membuat nyaman. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih ukuran yang tepat sehingga akan nyaman digunakan.

 3. Perhatikan bahan breast pad

Dan tips terakhir ketika akan memilih alat ini adalah dari bahan yang harus diperhatikan dengan baik. Pilihlah bahan yang mempunyai lapisan dan tekstur yang lembut karena akan bersentuhan langsung dengan kulit payudara. Pilih juga bahan yang mempunyai daya serap tinggi, sehingga ketika akan membelinya baik di toko online atau offline perhatikan bahan dari alat ini dengan cermat.

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge