Hikmah Berbuat Baik

By | January 9, 2018

Tulisan ini adalah pengalaman saya beberapa waktu lalu yang di dalamnya terkandung Hikmah Berbuat Baik. Mudah-mudahan menjadi motivasi dan inspirasi bagi pembaca untuk konsisten dalam melakukan kebaikan. Seperti kata Bimbo, berbuat baik janganlah ditunda-tunda. Ketika ada kesempatan, segera lakukan. Biar Allah yang urus selanjutnya untuk kita

Sekira awal Oktober 2017 lalu, Allah memberikan saya ujian. Mengusahakan tiba lebih awal agar bisa memimpin rapat warga, ternyata Allah menakdirkan dompet saya hilang dalam perjalanan pulang di sebuah SPBU di rest area. Setelah membuat laporan ke pihak keamanan, saya memblokir atm dan kartu lainnya. Saya pulang pasrah, tanpa uang, dompet dan isinya seperti STNK, SIM, KTP, kartu-kartu.

Setibanya di rumah, saya langsung cerita kepada istri bahwa dompet saya hilang. Menurut istri (baru cerita tadi sore), dia sangat optimis kalau dompet saya pasti akan diketemukan kembali. Apa yang membuatnya optimis? Karena dulu awal kami menikah kami juga menemukan surat-surat kendaraan bermotor milik orang lain dan kami berusaha mencari alamatnya serta mengembalikan kepada pemiliknya. Alhamdulillah, beberapa minggu setelah menemukan, surat-surat tersebut diterima dengan baik oleh pemiliknya.

Hikmah Berbuat Baik

sumber : blogspot.comAtas dasar itulah, istri berdoa kepada Allah,

“Ya Rabb… Jika apa yang dulu pernah kami lakukan adalah sebuah kebaikan dan engkau ridhoi, hamba yakin itu menjadi timbangan baik bagi kami agar engkau kembalikan dompet suami hamba.”

Dan teman, saya benar merasakan bahwa Berbuat baik itu pada dasarnya bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk diri kita sendiri. Kebaikan akan kembali kepada pelakunya. Mungkin hal serupa untuk sebuah keburukan.

Beberapa hari setelah kejadian dompet hilang, saya mendapatkan kabar bahwa dompet saya ditemukan. Dan alhamdulillah, dengan izin Allah hari ini yang menemukannnya mengantarkan langsung kepada saya tepat 4 minggu dompet tersebut hilang.

Alhamdulillah wa syukurillah… Tak berkurang sedikitpun isinya. Kartu-kartu masih lengkap, begitu pula dengan beberapa lembar rupiah dan Riyal yang sebelumnya ada, tetap ada.

Dari sini lagi-lagi saya belajar. Jangan pernah menunda berbuat baik. Ada kesempatan, lakukan! Meski sekedar memindahkan sampah ke tempat sampah.

Dan seperti kata Prof Kazuo Murakami, ingin takdir hidup positif, lakukan 3 hal berikut :
1. Selalu punya niat yang baik
2. Berpikir positif, sekalipun sedang kesulitan
3. Berdoa

Semoga Allah Swt selalu membimbing kita semua, dan menetapkan kita di jalan yang lurus.

Aamiin…

Note:
Kata yang menemukan setelah saya ucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf sudah merepotkannya :

“Ya Alloh..sama2 Pak..Ga repot ko..Saya juga terima kasih..Saya udah anggap bapak Saudara Saya..Jgn sungkan Pak..”

Insya Allah mas, sampeyan juga saudara saya dan semoga Allah menempatkan kita semua berkumpul di surgaNya nanti.

#selfreminder
#selftalk

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge