Perlengkapan Bayi Makan dan Panduan Pemilihan yang Aman Bagi Si Kecil

By | October 4, 2017

Para orang tua tentunya harus lebih selektif dalam memilihkan perlengkapan bayi maupun peralatan yang akan digunakan oleh buah hati, karena daya tahan tubuhnya yang masih rentan, membuat mereka mudah terserang penyakit, ketika sarana yang digunakan tidak steril maupun mengandung bahan berbahaya. Sebut saja diantaranya adalah perlengkapan yang digunakan buah hati untuk makan. Sama halnya dengan orang dewasa, maka bayi juga butuh makan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang mereka. Hanya saja jenis yang dikonsumsi berbeda dengan orang dewasa.

Umumnya usia 0 hingga 1 bulan pertama mereka hanya mengkonsumsi ASI, namun untuk bayi yang sudah menginjak usia 2 tahun ke atas bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan lunak. Tentunya membutuhkan sarana atau peralatan makan yang dipakai untuk mempermudah memberikan kebutuhan gizi mereka bukan. Biasanya adalah piring, sendok juga dot untuk bayi, jangan asal pilih, karena beberapa produk ini berbahaya untuk digunakan oleh bayi, karena mengandung bahan kimia yang bisa tertelan si kecil, efeknya memang bukan secara langsung, melainkan jangka panjang.

Perlengkapan bayi harus aman lho... (sumber gambar : lovelime.co.uk)

Perlengkapan bayi harus aman lho… (sumber gambar : lovelime.co.uk)

Untuk itu para ibu harus hati-hati dalam pemilihannya, jangan asal menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran. Berikut ini setidaknya tips memilih perlengkapan bayi makan yang aman untuk digunakan, diantaranya adalah:

  1. Gunakan produk yang memiliki label food grade, label ini menunjukkan bahwa perlengkapan yang Anda gunakan tersebut memang dikhususkan untuk kebutuhan makan, artinya bahannya sendiri aman dan tak mengandung bahan kimia yang dapat tertelan. Namun dari segi harganya sendiri juga tak bisa dipungkiri jika jenis yang satu ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang tak berlabel.
  2. Pilihlah peralatan makan yang tak mengandung BPA, BPA sendiri dikenal juga dengan polikarbonat plastik, yaitu sebuah senyawa yang lama-kelamaan membuat wadah tersebut menjadi lebih bening dan juga keras dari pembelian pertamanya, kemana perginya warna pekat tersebut? Hilang tertelan karena setiap makanan yang masuk, apalagi dalam kondisi yang panas akan mengikat senyawa tersebut. Lama kelamaan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi buah hati.
  3. Jika memilih perlengkapan makan dengan bahan plastik, maka hanya gunakan yang jenisnya adalah PP, umumnya PP ini memiliki kode angka 5, artinya plastik yang dipakai tersebut memang aman dipakai sebagai wadah makan maupun minuman, bahannya tak akan terikat dengan makanan hingga masuk kedalam tubuh.

    Kode bahan plastik (sumber : carapedia.com)

    Kode bahan plastik (sumber : carapedia.com)

  4. Pilih yang model atau bentuknya aman, ada kalanya si kecil ingin makan sendiri, sehingga para orang tua harus memilihkan bahan yang aman untuk mereka pegang, yaitu tak memiliki bagian-bagian tajam yang berpotensi untuk menggores kulit mereka atau menyebabkan luka. Pilih model yang lembut dan juga lentur sehingga tak mudah pecah.
  5. Jangan memilih ukuran yang terlalu besar, pemilihan alat makan untuk si kecil hendaknya dalam ukuran yang sewajarnya, hal ini membantu mempermudah bunda untuk mengukir takaran makanan mereka agar tak sampai salah. Sayang jika banyak yang tidak termakan, tentunya akan mubadzir. Jadi gunakan ukuran yang kecil-kecil saja sehingga mudah dipakai oleh buah hati sendiri.

Ada banyak sekali pilihan merk dari perlengkapan bayi untuk makan ini di pasaran, pilah-pilih produk yang sudah terpercaya aman dan juga sesuai dengan keuangan Anda. Satu pertimbangan penting lainnya adalah gunakan yang tak mudah pecah, hindari bahan-bahan seperti kaca. Pilah-pilih lengkap dan mudah cari saja lewat situs jual beli online .

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge