Softlens yang Aman dan Nyaman Digunakan, Ini Panduan Mendapatkannya

By | September 20, 2017

Penglihatan mulai memburuk bisa jadi karena gaya hidup Anda yang salah, seperti terlalu banyak menggunakan produk elektronik yang mengeluarkan radiasi secara tidak sehat. Hal ini bisa diatasi dengan pemakaian kaca mata berlensa. Tentunya sesuai dengan kebutuhan mata Anda. Hanya saja beberapa orang mereka kurang percaya diri dengan memakai kacamata, karena takut akan merubah penampilan mereka menjadi tidak menarik kembali, sehingga mencari alternatif lain dengan menggunakan softlens.

SoftLense tak cukup cantik warna-warni, harus pastikan juga dia aman untuk mata kita

Produk yang satu ini bisa ditempatkan secara langsung pada mata, sehingga tak merubah penampilan Anda. Pilihan warnanya yang cantik juga membuat banyak orang menggunakannya sebagai sarana untuk menunjang penampilan mereka. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa dibandingkan dengan kacamata, maka tingkat resiko dalam penggunaan alat bantu ini tergolong paling tinggi, beberapa orang pernah mengalami masalah penglihatan karena penggunaan lensa kontak secara salah, seperti mengalami iritasi bahkan juga kebutaan.

Untuk itu jangan asal pilih lensa kontak yang akan dipakai, paling penting dalam penggunaan softlens  sendiri adalah ditunjang dari segi kenyamanan dan juga keamanan untuk mata Anda. Sehingga jangan asal memilih yang harganya terjangkau, namun sebenarnya berakibat buruk pada mata. Berikut ini sedikit tips bagi Anda sebelum membeli sebuah lensa kontak, diantaranya adalah:

  1. Minimal kadar air yang ada dalam lensa kontak adalah 50%, kadar air akan sangat menentukan keamanan Anda ketika menggunakan lensa kontak, semakin besar kandungannya maka tak akan terasa seperti memakai sebuah lensa. Berbeda dengan sebuah lensa kontak yang kadar airnya sedikit, kurang dari 50% akan membuat mata terasa sangat kering dan perih. Untuk itu gunakan yang memiliki kadar air tinggi.
  2. Ada aliran oksigen secara lebih lancar ke bagian mata Anda, selain melihat dari kandungan air maka tak kalah penting adalah melihat juga dari aliran oksigennya. Pilih yang memiliki teknologi hydrogel. Teknologi ini memungkinkan aliran oksigen berjalan secara lebih lancar, sehingga tak menyebabkan dampak buruk untuk pemakaian jangka panjang.
  3. Pilihlah lensa kontak yang memiliki diameter ideal, diameter yang ideal digunakan untuk sebuah lensa kontak adalah 14 hingga 14,2mm. Ketika Anda menggunakan yang diameternya lebih panjang, yaitu mencapai 15 mm ke atas memang membuat tampilan mata semakin cantik seperti sebuah boneka, namun kurang dianjurkan karena membuat mata menjadi semakin cepat lelah.
  4. Menyesuaikan dengan minus mata Anda, salah satu alasan yang membuat masyarakat sendiri menggunakan lensa kontak ini adalah karena mata yang bermasalah, yaitu mengalami rabun jauh, jadi pemilihan lensa harus sesuai dengan kebutuhan mata tersebut, semakin tinggi tingkat minusnya, maka mengharuskan Anda menggunakan yang lebih tebal. Coba terlebih dahulu untuk mengetahui cocok tidaknya lensa kontak tersebut.
  5. Mengecek masa kadaluarsa produk, lensa kontak berbeda dengan kacamata yang bisa digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun, maka pakai dari lensa kontak ini maksimal hanya 6 bulan hingga 1 tahun saja, tergantung dari merknya. Ketika sudah tak layak pakai biasanya ia akan membuat mata mengalami iritasi. Untuk itu pastikan mengecek tanggal kadaluarsanya.
  6. Pilih yang tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan, namun lensa kontak yang tipis biasanya juga akan mudah hilang ketika terkena angin, apalagi digunakan untuk berkendara motor.

Itulah setidaknya beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli softlens, sekarang ini pesan secara online juga bisa di beberapa situs jual beli online terpercaya.

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge