Kesalahan Yang Harus Kamu Hidari Saat Beli Rumah Murah Pertama Kali

By | April 15, 2017

Beli rumah murah merupakan salah satu idaman dan impian semua orang. Memiliki rumah untuk tinggal dengan keluarga merupakan sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan dan realisasikan. Namun sayangnya nilai dana atau budget yang harus kamu keluarkan tidak semurah dan serendah yang kamu kira, jumlahnya tidak main – main. Perkembangan properti di Indonesia yang semakin pesat membuat nilai rumah dijual di Semarang pun meningkat cukup tajam.

Antusias masyarakat untuk beli rumah murah saat ini terkadang malah mengakibatkan mereka berakhir dengan kekecewaan dan penyesalan. Tidak sedikit pula setelah membelinya kemudian menjualnya kembali. Mengapa bisa demikian ? hal ini karena masih banyak masyarakat yang melakukan kesalahan – kesalahan saat rumah dijual di Semarang untuk pertama kalinya. Kurangnya pengetahuan dan informasi terbaru seringkali menjadi masalah utama dari kasus ini. Selain itu ada beberapa kesalahan dan kekeliruan lainnya yang sering dilakukan oleh seseorang ketika beli rumah murah berikut beberapa diantaranya :

Rumah_murah

Memilih Rumah Murah

1. Kurang Pengetahuan
Seperti yang sudah disebutkan tadi kesalahan ini menjadi salah satu faktor utama penyesalan muncul pada saat beli rumah murah. Segala sesuatu yang memiliki hubungan dengan properti bersifat kompleks, butuh waktu yang tidak sebentar dengan dana yang cukup besar dan beresiko. Ada baiknya sebelum kamu merencanakan untuk beli rumah murah bekali dulu diri dengan pengetahuan yang cukup dan tepat. Saat ini informasi apapun dapat dengan mudah kita dapatkan, mulai dari internet hingga teman, keluarga atau kerabat dekat. Jangan berpuas diri hanya dengan bekal pengetahuan dari buku dan internet saja. Lengkapi pula pengetahuan dari teman dan kerabat yang sudah berpengalaman. Kamu bahkan bisa mengikuti seminar properti untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi.

2. Tidak Paham Kondisi Keuangan
Ketika kamu tidak paham dengan kondisi keuanganmu saat ini, yang terjadi selanjutnya ialah penyesalan dan kekecewaan karena kamu memilih unit rumah dijual di Semarang yang melebihi kemampuan keuanganmu. Tidak salah memang bila kamu menginginkan rumah idaman yang bagus dan besar dengan harga selangit. Namun pikirkan pula kondisi keuanganmu, kemudian pertimbangkan juga kebutuhan – kebutuhan lainnya. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

3. Lupa Sediakan Biaya Cadangan
Ketika kamu beli rumah murah baru pasti akan selalu saja ada hal – hal yang tidak terduga yang memaksa kamu untuk mengeluarkan uang. Nah hal seperti ini harus kamu cegah dari awal dengan menyediakan biaya ekstra untuk biaya – biaya tak terduga tersebut. Biaya – biaya ekstra ini kada sering disepelekan dan diabaikan seperti biaya asuransi jiwa, biaya appraisial, biaya pindahan, notaris dan pajak properti.

4. Mudah Tergoda Promosi
Salah satu trik penjualan yang dilakukan oleh para pelaku properti Indonesia ialah dengan membuat brosur atau pamflet promosi yang menarik guna menggoda masyarakat untuk beli rumah murah dari mereka. Iming – iming hadiah, cicilan ringan dan uang muka sering kali mengecoh kita selaku pembeli rumah dijual di Semarang. Tidak sedikit janji – janji yang disebutkan di brosur tidak sesuai dengan apa yang diberikan. Teliti dan cermat sangat perlu ditingkatkan oleh calon pembeli ketika menghadapi situasi seperti ini.

5. Tidak Melibatkan Orang Professional
Sebagian besar masyarakat merasa puas diri dengan pengetahuan properti yang ia miliki sehingga tidak lagi memerlukan pihak professional untuk mendampingi pada saat beli rumah murah atau pada saat transaksi jual beli rumah berlangsung. Tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang untuk menggunakan jasa professional untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

6. Tergesa-Gesa Mengambil Keputusan
Beli rumah murah tidak bisa disamakan dengan membeli barang pada umumnya yang bisa kamu simpan begitu saja ketika kamu tidak suka. Inilah yang mengharuskan kamu untuk tidak tergesa – gesa pada saat beli rumah murah. Pilih penjual, developer atau agen properti yang kompeten dan dapat 100 % kamu percaya. Jangan malas untuk memeriksa review dan profil dari developer atau agen properti yang akan kamu pilih untuk memastikan kredibilitas mereka. Sesuaikan dengan kemampuan keuanganmu dan keinnginanmu.

7. Suka Saat Pandangan Pertama
Berpikir bahwa rumah pertama yang kamu temui merupakan rumah dijual di Semarang yang tepat untuk kamu miliki merupakan hal yang salah. Jangan hanya terpaku pada gambaran rumah idaman yang kamu inginkan. Hal ini justru akan memperkecil kemungkinan kamu mendapatkan rumah yang tepat. Dari daftar rumah yang kamu dapatkan pastikan kamu mengunjungi semuanya untuk memutuskan pilihan yang tepat.

8. Mudah Putus Asa
Karena tidak kunjung menemukan rumah idaman yang kamu inginkan, lantas kamu memilih rumah tanpa memikirkannya kembali. Hindari situasi seperti ini, karena pikiranmu yang tidak tenang sebaiknya kamu beristirahat dulu kemudian memikirkannya kembali pada saat kamu telah siap. Harus kamu ingat bahwa beli rumah murah itu bukan sebuah perkara yang mudah untuk segera kamu realisasikan.

Dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam, tepat dengan persiapan materi yang cukup. Untuk mewujudkan impian beli rumah murah yang sesuai dengan impian bukan lagi hal yang mustahil untuk dicapai. Semoga daftar – daftar kesalahan diatas bisa kamu hindari pada saat beli rumah dijual di Semarang.

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge