Roti Mantau Sapi Lada Hitam Oleh-oleh Khas Balikpapan

By | January 22, 2017
Mantau_Sapi_Lada_Hitam.jpg

Kue Mantau dengan Topping Sapi Lada Hitam

Oktober tahun 2016 kemarin adalah kesempatan kedua kalinya saya menginjakkan kaki di Kota Balikpapan. Masih berkaitan dengan training guru, kali ini sekolah Al-Madinah yang menerapkan pembelajaran menyenangkan berbasis metode sentra, kembali mengundang saya dan tim untuk memberikan pelatihan guru dan orang tua di Balikpapan. Selama kurang lebih 5 hari 4 malam sepanjang hari kami bersama guru-guru Al-Madinah, sedangkan malam hari menikmati kuliner dan suasana Kota Balikpapan.

Atas kebaikan Bu Ida dan Bu Is sebagai owner Sekolah Al-Madinah kami dibekali beberapa paket oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Tangerang. Naah… Kalau tahun sebelumnya Bu Is membekali dengan beberapa paket Amplang Kuku Macan yang khas, kali ini kami dibawakan beberapa paket oleh-oleh khas Balikpapan yang baru saja populer akhir-akhir ini, yaitu Mantau.

Kue_Mantau.jpg

Mantau Sapi Lada Hitam

Jujur sebelumnya saya belum tahu sama sekali dengan oleh-oleh ini. Pokoknya kalau ke Balikpapan ya taunya Kuku Macan. Jadi Mantau atau dikenal juga sebagai Roti Sepan memang baru saya ketahui waktu itu saja.

Sepintas, mantau terlihat mirip dengan Bakpao. Perbedaannya adalah Bakpao dimakan setelah dikukus sedangkan Mantau setelah dikukus juga bisa digoreng. Jika Bakpao memiliki inti (isi) kacang hijau, ketan hitam, hingga daging, Mantau lebih maknyus dimakan bersama dengan daging sapi lada hitam atau kepiting lada hitam. Uniknya paduan sapi atau kepiting lada hitam tidak berada di dalam mantau tapi seperti makan sandwich atau burger, kita perlu membelah mantau lalu memasukkannya di tengah belahan yang sudah kita buat tadi.

Mantau_Kukus.jpg

Mantau sebelum digoreng. Putih seperti Ba’pao

Sekali mencoba Mantau, lidah saya ketagihan. Roti putih berbahan dasar tepung ini sangat lembut meskipun sudah digoreng. Konon dulu, mantau hanya bisa dinikmati di hotel berkelas. Namun kini Mantau bisa dinikmati semua kalangan.

Mantau_Goreng.jpg

Menikmati Mantau Lada Hitam di Bandara Sepinggan

Jika teman-teman main ke Balikpapan, mantau wajib jadi buah tangan untuk dibawa pulang. Di Bandara Sepinggan ada kios khusus yang menjual Roti ini. Namun saya sarankan untuk membeli di beberapa kios atau toko yang menjual Mantau di pusat Kota Balikpapan. Pondok Mantau adalah salah satu kios yang menjual roti khas ini. Seperti yang Bu Is bawakan untuk kami, mantau yang dibeli di Pondok Mantau dibungkus dengan kotak cantik dan tas yang elegan sehingga dapat dengan mudah dibawa sebagai oleh-oleh. Oh ya, kios yang terletak di bilangan Jl. Jend. Ahmad Yani ini (masih masuk ke dalam Gang) kabarnya pernah diliput acaranya Pak Bondan maknyuss dari Trans TV.

Tas_Pondok_Mantau.jpg

Pondok Mantau menyediakan tas elegan untuk Oleh-oleh Mantau

 

Clip to Evernote

4 thoughts on “Roti Mantau Sapi Lada Hitam Oleh-oleh Khas Balikpapan

  1. Maswaw

    Pagi pagi gini lihat yang enak-enak.. jadi kepingin, sayangnya kalo pengin mantau harus ke Balikpapan dulu ya bang.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Ga sih… Buka aja website pondok mantau. Sepertinya bisa order online

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Saya belum pernah sampe sana bang 😀
      Lain waktu coba ke Samarinda juga deh

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge