Mudahnya Membuka Deposito Syariah di CIMB Niaga

By | January 27, 2017

Ceritanya ketika libur lebaran kemarin saya sudah browsing untuk mencari informasi tentang reksadana sebelum mencari informasi tentang Deposito Syariah. Ya, menurut banyak pakar keuangan, ketimbang tabungan berjangka reksadana jauh lebih menguntungkan dalam berinvestasi. Masalahnya adalah tak banyak yang paham soal ini. Seperti saya sendiri, masih bingung dimana harus membeli dan bagaimana pola investasinya.

Berbeda dengan reksadana, tabungan sudah dikenal lama. Makanya kebanyakan orang memilih instrumen investasi jenis ini untuk mempersiapkan pendidikan anak di masa mendatang. Saya pun sempat punya tabungan berjangka yang diproyeksikan untuk tabungan pendidikan. Namun sudah ditutup beberapa tahun lalu.

Kembali ke Deposito, prinsipnya tidak jauh berbeda dengan tabungan. Bedanya di Deposito kita menyetorkan sejumlah dana untuk dititipkan kepada Bank jangka waktu tertentu. Setelah masanya selesai, Bank akan mengembalikan dana tersebut berikut dengan kompensasinya. Nah ketimbang uang di tabungan tidak terlalu produktif karena bagi hasil tabungan lebih kecil dibandingkan deposito, makanya saya memilih untuk mendepositokan sejumlah dana di tabungan. Daripada habis gara-gara doyan belanja online. 😀

Deposito Syariah Berjangka CIMB Niaga

Saya sudah punya rekening di CIMB Niaga. Saya sudah pernah cerita kenapa saya memilih bank ini. Salah satu keuntungannya punya rekening di CIMB Niaga adalah kita bisa membuka rekening tambahan hanya melalui fasilitas internet banking saja, termasuk jika ingin membuka deposito. Mudahnya membuka rekening deposito syariah melalui jalur daring ini dapat teman-teman baca di infografis berikut :

Cara_Membuka_Deposito_Syariah_CIMBNiaga.png

Membuka Deposito Syariah CIMB Niaga secara Online

Mudah sekali bukan? Hanya dengan login ke fasilitas cimbclicks kemudian memilih produk dan layanan baru, yakni Deposito Berjangka Syariah kemudia mengisi form yang telah disediakan, serta memasukkan MPIN (Pin digital yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang sudah didaftarkan sebelumnya) dana di rekening tabungan kita sebelumnya langsung secara otomatis dipindahkan ke rekening deposito. Hanya dengan langkah mudah di atas dan dana setoran mulai dari Rp 8 juta, kita sudah memiliki rekening deposito di CIMB Niaga.

Oya, tentu saja sebelumnya kita harus sudah memiliki tabungan berjenis reguler di CIMB Niaga. Semua jenis tabungan reguler seperti Tabungan Xtra, Tabunganku, Tabungan kerjasama dengan merchant semacam XL, Air Asia, dan Hypermart bisa berlaku untuk pembukaan rekening deposito syariah ini. Bahkan tidak harus rekening Tabungan Xtra syariah. Meskipun kita memiliki tabungan di CIMB Niaga Konvensional, kita tetap dapat membuka rekening deposito berjangka syariah.

Mulai dari Tenor 1 Bulan, dapat Nisbah Bagi Hasil hingga 65%

Karena ini pengalaman perdana punya rekening deposito, saya memilih tenor 1 bulan terlebih dahulu. Namun CIMB Niaga menyediakan tenor hingga 1 tahun (12 bulan), tentu dengan nisbah bagi hasil yang berbeda. Semakin lama masa penyimpanannya, semakin besar bagi hasil yang akan diterima.

Untuk deposito yang dibuka melalui cimbclicks, tidak tersedia fasilitas Automatic Roll Over (ARO) sehingga setelah masanya berakhir bank akan langsung mengembalikan dana ke rekening asal berikut bagi hasilnya. Jika ingin memperpanjang diharuskan pembukaan lagi seperti langkah-langkah di atas.

Saya belum tahu seberapa menguntungnya dan seberapa besar nanti bagi hasil yang akan diterima. Meskipun demikian CIMB Niaga menjanjikan bagi hasil yang lebih besar dibandingkan tabungan reguler. Kita lihat saja nanti ya….

Selamat Berinvestasi…

Clip to Evernote

2 thoughts on “Mudahnya Membuka Deposito Syariah di CIMB Niaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge