Mimpi Lagi : Menulis Resolusi Tahun Baru

By | January 7, 2017

Hari dan tahun berganti. Memasuki tahun 2017 tentu setiap orang punya target pencapaian diri baik dalam hal ibadah sampai karir. Setelah mengevaluasi diri tentang pencapaian di tahun kemarin, ada baiknya kembali menuliskan apa harapan dan target yang ingin dicapai di tahun baru ini. Dan di pos kali ini saya akan mencoba membuat rencana pencapaian dalam berbagai aspek berikut ini :

Spiritual
Siapa sih yang tidak ingin semakin mendekatkan diri kepada sang penciptanya. Nah, tahun 2017 ini saya ingin memperbaiki ibadah saya dengan memperbanyak ibadah sunnah yang mulai mengendor di tahun 2016 kemarin. Saya punya target untuk minimal puasa sunnah Senin – Kamis setiap pekannya. Selain ini hafalan Qur’an Juz 28 yang kemarin tertunda mau diselesaikan ditambah dengan Juz 29. Selain hafalan tentu target membaca Al-Qur’an dengan tartil minimal 4 halaman setiap harinya. Untuk itu, saya mulai belajar Tahsin Almuyassar yang menyenangkan (karena ada nada dan iramanya) langsung dari Ustadz yang mengembangkannya di Indonesia agar semangat membaca dan menghafal Qur’an tersebut terus terjaga. Selain itu mimpi saya ke tanah suci semakin besar. Mudah-mudahan tahun ini bisa sampai kesana. Insya Allah bisnis travel yang sedang saya jalani bisa membawa saya ke Baitullah.

  • Puasa Senin Kamis
  • Hafal Juz 29
  • Membaca Qur’an minimal 4 halaman setiap hari
  • Berangkat Umroh

Keluarga
Saya kok akhir-akhir ini jadi semakin kurang sabar ya. Terutama sama Istri. Entah kenapa di kepala saya menganggap seharusnya Istri bisa mengikuti ‘gaya’ saya ketika berhadapan dengan anak. Padahal saya tahu, yang ikut pelatihan orang tua hingga tuntas itu saya, bukan dia. Wajar jika cara dia menghadapi anak tidak sesuai harapan saya. Oleh karena itu di tahun 2017 ini saya berharap bisa lebih sabar agar isteri bisa juga belajar sabar. Jangan-jangan dia kurang sabar sama anak gara-gara saya kurang sabar sama dia.

  • Bersikap lebih sabar terhadap anak dan istri
  • Selalu mengusahakan makan malam bersama
  • Mengurangi intensitas terhadap handphone

Sosial
Tahun 2016 kemarin sebagai penghuni baru di perumahan, lewat proses voting saya mendapat amanah menjadi pemimpin di lingkungan RT. Tentu saya tidak meminta amanah ini. Warga memilih saya meskipun saya awalnya menolak dan tidak bersedia. Apalah saya yang masih bau kencur ini dibandingkan bapak-bapak penghuni lainnya. Tapi bismillah saya berusaha menjalaninya dengan sabar dan semoga istiqomah sampai masa jabatan berakhir nanti. Di lingkungan kemasyarakatan saya berharap dapat berperan lebih aktif lagi dan menemukan program-program baru untuk kerja lebih baik. Namun ada hal yang lebih ingin saya wujudkan yakni mendirikan eumah Qur’an untuk anak-anak belajar tahsin dan tahfidz serta mengaktifkan pengajian ibu-ibu dengan menambahkan program kajian parenting di dalamnya. Bagaimanapin fokus saya adalah generasi berikutnya karena merekalah yang memegang masa depan perumahan dan negara ini.

  • Mendirikan Rumah Tahsin dan Tahfidz untuk anak
  • Mengaktifkan Kajian Parenting untuk Ibu-ibu di perumahan
  • Menguatkan ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah) keluarga

Karir dan Keuangan
Semua orang ini keuangannya semakin baik dari tahun ke tahun. Alhamdulillah di tahun 2016 kemarin pelan-pelan tabungan haji mulai terisi. Meskipun masih jauh nominal porsi haji, bismillah… saya yakin Allah selalu memudahkan setiap niat baik hambaNya. Selain itu tahun ini saya akan memulai untuk rajin mendepositokan uang saya. Awalnya kepengen punya akun reksadana. Berhubung belum paham betul akhirnya saya putuskan untuk deposito dulu. Dari pada mata saya gatal lihat aplikasi toko online di handphone lalu kemudian rajin belanja online, mendingan uangnya cepat-cepat saya titipkan ke bank. Selain itu saya ingin membuka tabungan khusus pendidikan anak yang dananya benar-benar hanya bisa diambil ketika Alaric masuk sekolah saja.
Tentang Bisnis travel dan tour yang mulai saya jalani ingin lebih aktif lagi promosinya. Targetnya bisa membawa saya umroh ke tanah suci di tahun ini. Sedangkan dalam hal karir sebagai guru, saya berharap bisa rajin menulis lesson plan setiap hari, bisa berbagi ilmu parenting dan pendidikan kepada banyak orang.

  • Punya rekening deposito di Bank Syariah yang aktif setiap bulan
  • Punya tabungan pendidikan untuk anak
  • Menulis lesson plan setiap hari
  • Mengisi seminar dan pelatihan guru minimal 12 kali setahun

Kesehatan
Usia sudah memasuki kepala tiga. Tentu harus semakin kontrol diri. Berat badan sudah mendekati ideal, tidak terlalu kurus dan sudah tidak berlebih seperti dulu. Tinggal tahun ini tetap ingin lebih banyak berolahraga minimal 3x dalam sepekan. Karena kolesterol dalam darah saya juga ternyata tinggi, tahun ini ingin lebih menghindari gorengan (padahal makanan kesukaan saya itu cireng) dan memperbanyak sarapan buah dan sereal.

  • Berolahraga 3x seminggu
  • Menghindari gorengan
  • Sarapan buah dan sereal setiap hari

Leisure
Setiap tahun saya selalu punya target menjelajahi wilayah baru di Indonesia maupun di dunia. Insya Allah tahun 2017 ini saya ingin menambah 3 tempat baru di dalam negeri, dan 2 tempat baru di luar negeri. Saya ingin sekali mengunjungi pedalaman Banten dan bertemu dengan suku Baduy, sampai ke Lombok, atau ke pulau Sulawesi. Untuk luar negeri, tahun ini saya berharap bisa sampai di Malaysia Timur dan negara Brunei.

  • Mengunjungi 3 tempat baru di Indonesia
  • Mengunjungi Malaysia Timur dan Brunei Darussalam

Pengembangan Diri
Saya sudah membuat outline untuk buku kedua saya. Mudah-mudahan tahun 2017 ini satu buku baru bisa saya luncurkan. Untuk mendukung kemampuan menulis tentu saya harus banyak membaca. Oleh karena itu saya berharap di tahun ini target 1 bulan 1 buku benar-benar tercapai. Saya juga ingin mengikuti pelatihan public speaking agar kemampuan saya berbicara di depan banyak orang menjadi semakin baik. Menyambung resolusi tahun kemarin, saya juga tetap ingin punya pencapaian 1 hari 1 kosakata baru bahasa Jepang. Dalam blogging target saya adalah minimal 2 pos setiap pekan.

  • Meluncurkan buku kedua
  •  1 month 1 book
  • Mengikuti training public speaking
  • 1 day 1 Japaneese Vocab
  • 2 Blog setiap Pekan

Itulah beberapa hal yang ingin saya capai di tahun 2017 ini. Semoga Allah memudahkannya dan membuat target resolusi di atas tercapai. Aamiin….

Bermimpilah… Maka Tuhan Akan Memeluk Mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)

Clip to Evernote

6 thoughts on “Mimpi Lagi : Menulis Resolusi Tahun Baru

  1. Wulan Kenanga

    Semoga resolusinya terwujud ya. Ada beberapa yang sama, salah satunya mengenai kesehatan. Ingin rutin olahraga. Karena pekerjaannya duduk saja di depan laptop, kemarin punggung sakit deh. Kurang gerak. hihi

    Reply
  2. Untung Kasirin

    saya juga mimpi ke baitullah bang.. akhir 2016 kemarin alhamdulillah ada harapan, sempat ada tawaran bermukim di jeddah, sayangnya belum berhasil. semoga ada jalan ke sana…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge