Cara Mudah dan Murah Mengirim Uang ke Luar Negeri

By | December 4, 2016

Akhir Februari lalu, saya kembali harus ke Singapura dan Malaysia. Kali itu saya membawa rombongan yang jumlahnya 22 orang yang terdiri dari murid saya, guru di sekolah saya, dan 2 orang pemilik sekolah di Bekasi. Berhubung perjalanan kali ini lebih terkoordinir ketimbang perjalanan perdana bersama murid saya yang kisahnya diceritakan di buku Kami Pun Bisakami mempersiapkannya lebih matang.

Tetap dengan low budget, kami menyewa rumah/ homestay di Selangor tak jauh dari beberapa tempat yang akan kami kunjungi. Proses sewa menyewa homestay  ini akan saya kisahkan di pos yang lain ya. Disini saya hanya akan fokus pada pengiriman uang ke pemiliki homestay.

Sebagaimana sewa-menyewa, DP atau duit panjer tetap dibutuhkan. Dan saya harus mengirim sejumlah uang (waktu itu sekira MYR 200) ke salah satu rekening pemilik rumah di sebuah Bank Malaysia. Sayangnya tidak semua bank di Indonesia memiliki fitur transfer uang ke luar negeri baik melalui ATM maupun electronic channel lainnya. Setau saya waktu itu, hanya CIMB Niaga lah yang punya fasilitas ini langsung di channel internet banking nya. Sedangkan bank lain harus melalui teller dengan memanfaatkan fitur Remittance atau pengiriman uang ke luar negeri. Sempat kepikiran buat nyobain Western Union, tapi sang empunya rumah lebih senang langsung masuk ke rekening pribadinya.

Transfer uang ke luar negeri lewat cimbclicks cukup sederhana. Persis seperti pengiriman uang dalam negeri. Tapi ternyata biayanya lumayan besar dan ga masuk ke dalam budget saya. Untuk mengirim uang sebesar MYR 200 itu dikenakan biaya sekira Rp 112.000,- yang sebenarnya buat orang lain mungkin ga besar. Akhirnya saya iseng berselancar di google untuk mencari alternatif lain mengirim uang ke luar negeri dengan mudah. Ketemulah saya dengan Top Remit.

TopRemit_1.PNG

Top Remit

Top Remit adalah jasa pengiriman uang (Remittance) dari Indonesia ke berbagai negara di dunia. Top Remit menggunakan tekologi elektronik yang secara online dan real time menjangkau ke berbagai pelosok / penjuru dunia termasuk Indonesia. Top Remit berperan sebagai jasa kirim / transfer uang karena aman, mudah, cepat, terpercaya, dan sampai pada hari yang sama (RM, SGD, HKD, CNY).

Menimbang dengan baik dan mengetahui kelebihan yang diberikan oleh Top Remit, saya pun memutuskan untuk bergabung sebagai member. Langkahnya sangat mudah. Kita hanya mengisi form yang sudah ada dan kemudian mengunggah scan identitas kita seperti KTP atau SIM. Prosesnya berjalan cepat dan dak kurang dari satu jam kita sudah bisa mengirim uang ke luar negeri. Namun jika tak mau ribet dan hanya memerlukan proses pengiriman uang ini sekali saja bisa memanfaatkan fitur transfer non member.

Di bawah ini adalah kelebihan jasa pengiriman uang ke luar negeri yang berpusat di Medan ini :

1. Telah mendapat izin dari Bank Indonesia(BI) No.7.
2. Aman karena dilengkapi dengan sistem yang aman.
3. Biaya pengiriman yang sangat terjangkau.
4. Rate yang sangat kompetitif.
5. Pada umumnya hanya pengirim uang yang dikenakan biaya.
6. Tidak ada jumlah minimal uang yang dikirim.

TopRemit_2.PNG

Melalui dasbor ini kita bisa langsung mengunduh bukti transfer

Dan yang tak kalah pentingnya adalah, bukti transfer langsung bisa diunduh di dasbor kita. Sebagai informasi, pengiriman uang MYR 200 itu hanya dikenakan biaya sekira Rp 36.000,- lebih murah ketimbang saya harus mentransfer melalui cimbclicks.

 

Clip to Evernote

4 thoughts on “Cara Mudah dan Murah Mengirim Uang ke Luar Negeri

  1. ivonie

    Dulu pas kerja di hongkong tahu nya kirim dr luar negeri ke Indonesia hehe.
    Blm pernah kirim dr Indonesia ke luar negeri. Biayanya lumayan juga ya

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Biayanya kalo dibandingin transfer dari Bank lebih murah sebenernya mba.
      Etapi itu kalo ke dan dari Malaysia. Blom nyoba kalo ke negara lain

      Reply
  2. bagiinfo

    Sempet beberapa klai mau kirim uang langsung ke luar negeri, tapi karena gak tau caranya jadi gak jadi deh….
    apalagi aku mikirnya palingan biaya untuk transfernya juga gede….!
    thanks for sharing, next bica di coba deh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge