Tips Memilih Kamar Hotel yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

By | September 21, 2016

Booking_Hotel_Online.png Booking Hotel Secara Online (Sumber Gambar : traveltechstrategies.com)

Adakalanya kita merasa begitu kecewa, bukan karena pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel, melainkan kecewa dengan kondisi kamar yang tidak sesuai dengan harapan atau karena fasilitas yang tidak memadai. Atau saat datang ke hotel untuk melakukan direct booking sebuah kamar standard dengan fasilitas sederhana dan tidak terlalu luas, namun apa daya, yang tersedia justru hanya kamar superior. Mungkin itu beberapa keluhan dan kekecewaan yang sering dirasakan oleh traveler ketika menemukan bahwa apa yang mereka bayangkan selama ini tidak sesuai dengan kenyataan.

Oleh karena itu, agar tidak salah dalam memilih hotel dan agar gambaran mengenai kamar yang akan dipesan bisa sesuai, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

1.      Anda harus tahu bahwa foto yang ditampilkan hanyalah satu dari sekian kamar yang ada.

KamarHOtelViewLaut.png

Kamar Hotel dengan View Laut (Sumber Gambar : sharkdash.com)

Banyak orang yang berpikir jika mereka memesan kamar suite, misalnya, dan disana ditampilkan sebuah foto yang sangat menarik, bukan berarti semua kamar suite yang ada akan memiliki pemandangan yang sama seperti gambar, karena ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perbedaan antara foto dan kamar, mulai dari sudut pandang, lokasi kamar itu sendiri, dan lain sebagainya.

2.      Gali informasi sebanyak-banyaknya!

Jika sudah menentukan pilihan untuk menginap di salah satu kamar hotel tertentu, sebelum melakukan booking dan pembayaran, ada baiknya Anda memeriksa kembali beberapa testimoni orang-orang yang pernah menginap di sana. Dari testimoni tersebut biasanya kita bisa tahu kondisi kamar yang sebenarnya bahkan walaupun tanpa disertai dengan foto, kita akan mengetahui kebersihan kamar, kenyamanan kamar, layanan, hingga fasilitas yang tersedia.

3.      Cek semua fasilitas yang akan Anda dapatkan saat menginap.

Fasilitas adalah salah satu yang paling kita butuhkan ketika berada di kamar hotel, karena fasilitas dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan saat menginap. Mengecek ketersediaan fasilitas yang paling kita butuhkan terlebih dahulu adalah sebuah keharusan.

4.      Kenali istilah yang sering digunakan untuk mendefinisakan kamar.

Istilah seperti halnya standard room, superior room, deluxe room, suite, dan lain-lain harus Anda kuasi, karena salah memilih kamar berarti sebuah kerugian.

5.      Hindari melakukan direct booking.

Direct booking (datang langsung untuk memesan kamar) di hotel tertentu seringkali memberikan kita kekecewaan, mengingat terkadang kamar yang kita butuhkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Misalnya, jika kita membutuhkan kamar yang biasa-biasa saja (standard room) dengan tarif termurah, namun ternyata kamar-kamar tersebut sudah penuh dan hanya tersedia kamar yang kelasnya satu atau dua level di atas kamar yang kita inginkan, maka sudah pasti kita harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk membayar beberapa fasilitas yang disediakan di kamar hotel padahal kita tidak membutuhkannya.

Direct_Booking.png

Direct Booking (Sumber Gambar : usatoday.com)

Solusi untuk masalah ini adalah, sebaiknya lakukan booking hotel via online, misalnya via Online Travel Agen (OTA). Dan sebisa mungkin booking-lah hotel yang paling diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan di jauh-jauh hari sebelumnya, agar tidak kehabisan terutama saat peak season.

6.      Lakukan booking dan pembayaran.

Ada beberapa tipe booking hotel yang ada saat ini. Diantaranya adalah, kita bisa memesan hotel namun dengan kemudahan membayar di belakang atau setelah kita tiba di hotel. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan yaitu, kamar yang kita pesan bisa saja diambil oleh orang lain. Walaupun mungkin kita akan mendapatkan pengganti kamar yang sejenis.

Untuk menghindari agar kamar yang kita pesan tidak diambil oleh orang lain, maka solusinya hampir sama dengan poin sebelumnya, yaitu melakukan booking hotel via travel agent dan sebisa mungkin pilihlah yang menyediakan pembayaran langsung sehingga kamar yang telah kita pesan tidak akan dialihtangankan ke orang lain.

Jika sewaktu-waktu kita harus membatalkan pemesanan, namun sudah membayar, tidak perlu khawatir, karena rata-rata agen travel online terpercaya sudah menyediakan beberapa opsi yang dapat dijadikan sebagai solusi paling tepat diantaranya dengan mengganti kamar, membatalkan pemesanan, dan memilih refund. Tentunya dengan tetap mengikuti beberapa aturan yang tidak akan memberatkan pelanggan.

Itulah beberapa tips dalam memilih kamar hotel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, karena tentu Anda tidak ingin kecewa, bukan? Setiap perjalanan yang menyenangkan juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ketepatan dalam memilih kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhan, budget, maupun selera.

Clip to Evernote

One thought on “Tips Memilih Kamar Hotel yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge