Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Padang

By | May 27, 2016

Beberapa hari terakhir ini mulai jarang buka blog dan facebook meskipun sebenarnya suka upload foto di instagram yang kemudian diforward ke akun facebook. Nah karena sudah lama ngga buka, akhirnya tergoda juga untuk melihat-lihat timeline facebook yang memang selalu ramai. Saat scroll atas-bawah, mata saya tertuju pada foto-foto yang diunggah salah seorang teman saya. Wah, beliau (yang memang aslinya Padang) sedang berlibur ke kampung halamannya. Aish… jadi teringat sama tempat-tempat wisata yang pernah saya kunjungi.

Danau Singkarak, impian sedari kecil.

Di antara tempat wisata yang paling berkesan selama di Padang adalah Danau Singkarak. Sedari kecil saya bermimpi ingin mengunjungi tempat ini. Dan subhanallah, dua tahun yang lalu mimpi saya ini terwujud. Saya bisa menyaksikan kemegahan Gunung Merapi sebagai latar danau terluas ketiga di Indonesia ini.

CYMERA_20140615_105037.jpg

Beningnya si Danau Singkarak sebagai Ekosistem Ikan Bilih yang Terkenal

Danau singkarak adalah danau tektonik. Berbeda dengan Danau Toba yang merupakan salah satu danau vulkanik akibat letusan gunung, Singkarak merupakan jenis danau yang terbentuk akibat adanya pergeseran lempengan kerak bumi atau adanya gempa bumi. Aktivitas tektonik inilah yang kemudian mengakibatkan patahan pada kerak bumi yang akhirnya membentuk cekungan. Cekungan yang terbentuk karena gempa tersebut akhirnya terisi air dan membentuk danau.

Singkarak sangat luas. Dikutip dari wikipedia, luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11.200 hektare dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. Saya berdecak kagum ketika sepanjang perjalanan menyaksikan bahwa danau ini membentang luas memanjang di dua kabupaten di propinsi Sumatera Barat, yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan jarak sekira 70 Km dari Kota Padang atau 60 Km dari Bandara Internasional Minangkabau, kita dapat mencapai Danau Singkarak dengan menyewa mobil minibus atau dengan bus umum ke Solok, lalu dari Solok menggunakan transportasi lain seperti ojek menuju Danau Singkarak.

Istana Pagaruyung, Warisan Budaya yang Wajib Dipelihara

Di kesempatan lainnya, teman saya mengunggah fotonya yang sedang ber-pose di salah satu bilik di Istana Pagaruyung. Disebut istana karena memang rumah besar ini merupakan replika dari istana Kerajaan Pagaruyung yang pernah berkuasa di Sumatera Barat.

Seperti kebanyakan bangunan Minang lainnya, Istana Pagaruyung juga memiliki puncak atap yang terbuat dari ijuk yang disebut ‘Bagonjong’. Jumlahnya cukup banyak, yakni 11 Gonjong dengan tinggi mencapai 60 meter. Replika Istana Pagaruyung saat ini terdiri dari 3 lantai. Lantai dasar berisi macam – macam pelaminan suku atau daerah di minang lengkap dengan manekin dan pakaian pengantin khas tiap daerah serta kain berwarna terang yang menghiasi pelaminan. Di lantai atas kita akan menemukan banyak senjata – senjata khas kerajaan.

Bagian Depan Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung terletak di Kota Batusangkar. Untuk menuju tempat ini setidaknya ada dua alternatif perjalanan. Dari Kota Padang atau Bandara Internasional Minangkabau, kita bisa berkendara menuju Kota Padang Panjang dilanjutkan menuju Solok atau melalui Bukittinggi menuju Kota Batusangkar. Dari pusat kota Batusangkar, Istana Pagaruyung hanya berjarak sekira 5 km dan terletak persis di pinggir jalan.

Di depan Istana Pagaruyung banyak kedai oleh-oleh yang pantas dijadikan buah tangan sepulang dari traveling.

Ngarai Sianok, Lembah Hijau dengan Panorama Indah

Dua kali ke Sumatera Barat, tempat ini luput dari penjelajahan. Ahh… kesempatan berikutnya ketika ke Padang, lembah hijau ini tak boleh lagi dilewatkan. Membayangkan Ngarai Sianok ibarat sedang membayangkan diri kita berkano di Green Canyon, Amerika Serikat. Dinding jurang curam setinggi 100 m ini membentang sepanjang 15 km di antara kota Bukittinggi dan kabupaten Agam.

Ngarai Sianok, Lembah Hijau nan Cantik (foto : harian Singgalang)

Untuk sampai kesini dari Kota Padang atau bandara Minangkabau, tentu kita harus menuju kota Bukittinggi terlebih dahulu.

Pantai Air Manis dan Legenda Malin Kundang

Traveling pertama saya ke Sumatera Barat diakhir dengan mengunjungi pantai di Kota Padang. Sayang seribu sayang, berhubung kejar-kejaran dengan jadwal penerbangan, akhirnya niat mengunjungi salah satu pantai yang terkenal di Padang ini harus ditunda dulu.

Batu berbentuk orang sedang sujud ini dipercaya sebagai Malin Kundang yang membatu

Siapa yang tak kenal Malin Kundang. Rasa-rasanya kita semua hafal dengan legenda anak durhaka yang dikutuk jadi batu ini. Dan uniknya, di Pantai Air Manis batu yang menyerupai Malin Kundang memang ada. Inilah yang menjadi daya tarik wisata pantai ini.

Lokasinya yang paling dekat dengan Bandara maupun Ibu Kota Sumatera Barat, seharusnya menjadikan pantai ini sebagai tujuan utama jika berkunjung ke Kota Padang.

Tempat Menginap yang Murah di Kota Padang

Tak hanya empat tempat wisata di atas yang wajib dikunjungi ketika ke Sumatera Barat. Ada banyak spot wisata lainnya yang bisa kita kunjungi, baik wisata alam, budaya, maupun wisata sejarah. Namun bicara tentang traveling rasanya belum lengkap kalau masih bingung dengan akomodasi selama di tujuan.

Nah, daripada bingung mencari penginapan atau hotel murah di Padang, saya sarankan untuk membooking hotel atau penginapan di AiryRooms.com. Kenapa harus disitu?

Kamar di Airy Padang ini cantik sekali. Nuansa birunya bikin betah dan nyenyak tidur

Buat traveler kere seperti saya, harga adalah prioritas utama. Di AiryRooms kita bisa mendapatkan harga terbaik yang sesuai budget dan bebas biaya transaksi. Selain itu, pesan kamarnya ekstra mudah. Kita bisa memesan kamar di tempat yang ingin kita kunjungi langsung melalui website AiryRooms, telepon, bahkan whatsapp. Cocok sekali untuk traveler yang rajin online di zaman digital ini. AiryRooms juga sangat mengutamakan kenyaman bagi kita, karena berbagai fasilitas seperti wifi, TV, air hangat, pendingin ruangan, perlengkapan mandi, sampai air minum gratis pun tersedia.

Nah, sekarang ngga bingun lagi kan nyari tempat menginap atau hotel murah kala traveling.

Clip to Evernote

13 thoughts on “Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Padang

  1. Andana Paringga

    Tulisan yang sangat menarik. Bisa jadi referensi saat ingin liburan di Padang. Semoga dikasih kesempatan untuk mengunjungi Padang.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Aamiin… cerita-cerita ya kalau jadi ke Padang ?

      Reply
  2. GAGAN

    wahh menarik banget artikelnya, makasih juga buat infonya.. sangat bermanfaat, perbanyak posting lagi agar lebih banyak yang berkunjung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge