Transfer Antar Bank, Gratis dengan Flip!

By | February 15, 2016

Sebagai orang yang suka sekali belanja online baik belanja barang, buku, maupun tiket saya harus memiliki rekening yang umum dipakai oleh banyak orang. Beruntungnya saya sudah memiliki rekening di BCA sejak saya masih awal bekerja di tahun 2006 lalu, ketika membuka rekening di bank yang terkenal dengan antrian mengularnya itu masih belum terlalu ribet. Saya hanya perlu identitas pekerjaan atau surat keterangan kantor saja. Sedangkan sekarang kalau tak punya nomor telepon rumah atau kantor yang fixed line alias nomor telepon Telkom, akan sangat susah sekali. Kecuali memang perusahaan tempat kita bekerja memiliki kerja sama.

Beberapa tahun kemudian saya pun membuka rekening di rivalnya BCA. Kita semua tahu bank apa itu. Tapi tak lama. Berhubung biaya administrasinya sama besarnya dengan BCA, daripada saya bayar dobel mendingan tak tutup saja. Toh saya juga tidak terlalu sering harus transfer-transfer ke Bank itu. Toh kebanyakan toko online juga menyediakan rekening BCA. Dan juga biaya transfer antar bank waktu itu tak mahal-mahal amat.

Namun kini, biaya atm pun membengkak. Sehingga saya pun mau tak mau merelakan berjalan sedikit lebih jauh keluar perumahan untuk bertransaksi di atm yang sama dengan penerbit kartu atm saya berhubung di dalam perumahan hanya ada atm rivalnya si BCA itu dan atm BTN. Untuk transaksi transfer antar-bank biayanya juga mengalami kenaikan signifikan sejak tahun kemarin sehingga kalau memang tidak darurat, usahakan untuk tetap transfer dengan bank yang sama. Lumayan kan mengirit 6500 rupiah hingga 7500 rupiah.

Seperti ketika saya harus bertransaksi membeli tiket pesawat di tiket.com. Travel online yang satu ini hanya menyediakan rekening Mandiri untuk transaksi pembayaran menggunakan transfer atm maupun internet banking. Waah, padahal saya harus transfer empat kali. Yang mana jika dikalikan dengan 6500 sudah senilai 26.000 lumayan untuk makan seporsi Hokben 😀

Flip.PNG

Flip, Transfer Antar Bank, Gratis!

Naaah… beruntungnya sekarang itu ada Flip. Sebuah aplikasi yang dikembangkan anak negeri ini. Aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan transfer antar bank secara Gratis. Ya, beneran gratis alias tanpa biaya sama sekali lho teman-teman.

Namanya Rafi Putra Arrayan yang biasa dipanggil Ari. Lulusan jurusan Komputer Universitas Indonesia ini bersama dua temannya Luqman dan Ginanjar membuat aplikasi Flip berbasis web yang dapat digunakan oleh kita semua mentransfer secara gratis uang kita. Memang saat ini rekening yang dilayani baru Mandiri, BRI, BCA, BNI, BNI Syariah, dan BSM.

Saya pun mencoba melakukan transfer menggunakan Flip di websitenya http://goflip.me/ dari rekening saya di BNI Syariah ke rekening penerima di Bank Mandiri. Prosesnya singkat. Tak sampai tujuh menit, saya sudah mendapatkan email bukti transaksi bahwa uang saya sudah terkirim dan diterima oleh tujuan.

Bagaimana ‘Flip’ Bekerja?

Cara kerja Flip cukup sederhana. Ari menyediakan dana di rekeningnya yang tersebar di bank-bank tersebut di atas. Setelah kita mendaftar dan login, kita dapat melakukan transfer ke rekening dengan tujuan salah satu bank di atas dari rekening kita. Misalnya tadi rekening saya adalah BNI dan saya akan transfer mandiri. Kita hanya memasukkan nomor rekening tujuan tersebut dan nominal transfer. Berikutnya kita diharuskan mentransfer ke rekening Flip yang sama dengan rekening milik kita sehingga biaya transfer pun menjadi Nol.

Flip_Transfer.PNG

Cara Mudah Transfer dengan Flip

Sebelum mentransfer pastikan kita mentransfer sesuai kode unik yang diberikan agar proses verifikasi dan transfer lebih cepat. Jangan takut, nominal sisa kode unik tersebut tetap mengendap di akun kita dan nantinya akan dapat diambil (untuk sementara di tahap beta ini masih dikembangkan fiturnya).

Sangat mudah. So, transfer antar bank tidak lagi jadi masalah. Terima kasih Flip 😉

Clip to Evernote

2 thoughts on “Transfer Antar Bank, Gratis dengan Flip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge