Membeli Buku di Playstore dengan Pulsa Telkomsel

By | January 17, 2016

Saya memang ‘gila’ baca. Sedangkan untuk menulis belum pada tahap menggila karena terkadang ketika mood sedang tak datang, untuk membuka laptop atau memainkan jari-jemari saja sulitnya minta ampun. Karena saya sangat senang membaca, membeli buku adalah rutinitas saya setiap bulan. Rasanya sayang kalau dalam satu bulan tak ada buku yang dibeli. Meskipun lebih sayang lagi kalau sudah dibeli belum sempat sama sekali dibaca *menatap nanar buku-buku di lemari yang masih terbungkus plastik.

MindInTheMaking

Sudah lama sekali mengincar buku ini

Oleh karena itu, aplikasi ebook reader menjadi sangat penting dan harus ada di gadget saya, di handphone, tablet, maupun laptop. Beruntungnya hidup di era digital saat ini ya. Buku yang tadinya beratus-ratus halaman dan tebal, bisa dibawa kemana saja. Bahkan tak hanya satu buku. Puluhan dan mungkin ratusan buku bisa dimasukkan ke dalam gadget kita tergantung besarnya kapasitas memori yang dimiliki.

Salah satu aplikasi ebook reader yang wajib diinstal adalah Google Playbook. Ya, selain sebagai reader, kita juga bisa mendapatkan banyak ebook yang disediakan oleh google, mulai dari yang gratis bermodal kuota internet untuk download, sampai yang berbayar. Mulai dari buku-buku lokal, dalam negeri, hingga buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit-penerbit di luar negeri juga tersedia di Playbook.

Beruntungnya saya yang tidak punya kartu kredit sehingga tak bisa membeli buku-buku luar negeri di Amazon, dan juga tidak sanggup membeli buku impor yang ongkos kirimnya 3 sampai 4 kali dari harga buku, Google Playbook sangat membantu. Ada beberapa buku yang sudah saya incar dan ingin dibeli dari beberapa toko buku online. Tapi harga dan ongkos kirimnya lumayan mahal ya. Nah, disinilah solusi yang diberikan Google Playbook.

Tapi kan beli aplikasi maupun buku di Playstore itu perlu kartu kredit? Eits… itu dulu kawan-kawan. Sekarang ini membeli aplikasi, buku, maupun menyewa film di Plyastore sangat mudah sejak Indosat yang kemudian diikuti oleh Telkomsel dan XL menyediakan Carier Billing sehingga membeli segala macam tetek bengek yang dijual di playstore hanya bermodalkan pulsa saja. Ya, pulsa telepon yang setiap bulan kita isi itu.

Sebenarnya ada dua buku luar negeri yang sangat saya idamkan dua bulan terakhir ini. Buku Mind In The Making karya Ellen Galinsky yang berisi tentang 7 keterampilan hidup dasar yang harus dimiliki anak dan juga buku Future Brain karya DR Jenny Brockis. Yang kedua ini harganya di atas bugdet bulanan saya 😀 sehingga saya perlu menabung dulu.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk membeli buku di Playstore?

Yang pertama dan paling utama tentunya Pulsa. Kemudian paket internet dari 3 operator tersebut. Ingat, hanya 3 operator tersebut. Karena operator lainnya belum menyediakan fasilitas Carier Billing di playstore. Pulsa yang kita punya minimal seharga buku ditambah biaya jasa (servis) yang dikenakan google secara beragam (sepertinya sekira 10% dari harga buku). Saya baru tahu biaya ini juga setelah mencoba membeli bukunya.

Oya, untuk pengguna handphone dual sim seperti saya, wajib menaruh kartu yang memiliki paket internet untuk membeli buku di slot SIM 1. Entah kenapa harus begitu. Berulang kali saya coba karena sebelumnya kartu Telkomsel saya berada di slot SIM 2, Telkomsel Carier Billing nya tak mau muncul sehingga saya harus meminta bantuan Telkomsel Caroline melalui twitter.

Langkah-langkah membeli buku di Playstore

  1. Setelah semua yang di atas tadi (pulsa, paket internet, sim card di slot pertama) siap, saat berikutnya adalah memastikan di handphone kita sudah terinstal aplikasi Google Playbook. Jika belum punya, bisa diunduh gratis di Playstore.
  2. Browse buku yang ingin kita beli. Seperti saya mencari buku Mind In The Making. Nanti terlihat harga bukunya.

    upload_-1

    Jangan terkecoh sama harga ini ya. Total pulsa yang dipotong sekira 97.000

  3. Jangan terkecoh dengan harga murahnya karena Google menambahkan biaya servis di belakang.

    upload_-1

    Awalnya payment method yang ada cuman Kartu Debit Visa saya.

  4. Berikutnya klik Buy atau beli. Jika kartu yang kita gunakan untuk berinternet adalah telkomsel dan sudah terpasang di slot sim card pertama, akan muncul pilihan payment method “Telkomsel Carier Billing”. Klik OK atau Buy.
  5. Selanjutnya telkomsel akan mengirimkan sms ke nomor kita dan memberikan notifikasi “Payment Successful” jika memang pulsa yang kita miliki cukup.

    upload_-1

    Tuhh kan total harga bukunya jadi hampir 97.000

  6. Buku pun siap diunduh agar bisa dicara secara offline

Demikian pengalaman saya membeli buku di Playstore. Semoga bermanfaat yaa….

Oya, kalau memang ada yang menjual, kita juga bisa membeli buku online di Tokopedia karena juga terkadang tersedia buku impor disitu.

 

Clip to Evernote

9 thoughts on “Membeli Buku di Playstore dengan Pulsa Telkomsel

    1. bangsaid Post author

      Saya juga suka donlot gratisan seperti di ebook3000. Cuman buku-buku bagus kayak Mind In The Making ini ngga ada gratisannya ?

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Ya ampun mang… kok baru ngasih tau.
      Cari pun untuk ku buku “Future Brain” dr.Jenny Brooks 😀

      Reply
  1. Sriyanti

    Saya ditaiwan dan pake kartu taiwan pengen banget beli buku dengan pulsa, tp tidak bisa pas mengirimkan verivikasi, apakah karna kartunya tidak menyediakanfasilitas carrier billing?

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Oh iya… di Indonesia juga yang kerjasama baru Telkomsel & Indosat

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge