Berapa Usia Ideal Anak Masuk TK?

By | August 26, 2015

Dalam beberapa hari terakhir di social media, teman saya dari India mendiskusikan tentang fenomena yang terjadi di negaranya dimana para orang tua berlomba-lomba memasukkan anaknya ke TK sejak usia 1,5 tahun. Berbeda jauh dengan negara maju seperti Amerika Serikat, usia anak untuk jenjang Pra Sekolah (Playgroup dan Taman Kanak-kanak) berada pada usia 5-6 tahun. Sedangkan di Inggris anak masuk ke TK di usia 4 tahun dan berlanjut lebih muda juga untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar.

Parahnya lagi menurut teman saya itu, beberapa alasan memasukkan anak ke sekolah sedini mungkin bukan dikarenakan kebutuhan anak, tetap hanya gengsi semata. Orang tua seolah-olah merasa bangga jika anaknya sudah berada di sekolah sejak usia muda.

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan negeri kita tercinta :-D. Mindset orang tua, memasukkan anak ke Sekolah di usia dini tidak dipandang sebagai kebutuhan anak, namun lebih kepada ‘kebutuhan’ orang tua. Terlepas dari ‘gengsi’, kebutuhan orang tua tersebut misalnya kebutuhan akan pengasuhan dikarenakan banyak orang tua (suami dan isteri) bekerja. Sehingga daripada dititipkan pada orang yang tidak jelas, lebih baik dimasukkan ke sekolah atau minimal daycare.

Kapan usia yang tepat memasukkan anak ke PAUD atau TK?

Kalau tanya saya, saya akan balik lagi pada jawaban tergantung kebutuhan. Alaric (anak saya) sudah dimasukkan ke sekolah sejak usia 5 bulan. Wah, mungkin ada yang berpikir ini lebih parah lagi ya *hehehe. Lha, saya butuhnya begitu. Tapi jangan salah dulu, Al masuk ke sekolah dimana isteri saya mengajar. Sehingga dia tetap dekat dengan ibunya. Saat butuh ASI, ibunya bisa datang dengan cepat untuk memenuhi kebutuhannya. Sampai hari ini Al sudah setahun lebih di sekolah.

Yang perlu orang tua pahami, Sekolah yang pertama dan utama bagi anak adalah keluarga. Jadi, proses pendidikan itu tak melulu soal sekolah (formal). Sebenarnya, anak sudah belajar mulai dari dalam kandungan. Bayi yang masih dalam kandungan itu belajar dari kebiasaan Ibu. Ibu yang rajin selama hamil, tentu akan sangat baik bagi perkembangan otak anaknya nanti. Ibu lah guru pertama bagi anak.

Pada usia-usia selanjutnya sejak lahir, anak terus belajar. Tapi jangan dibayangkan anak belajar calistung (Baca-Tulis-Berhitung) ya. Anak belajar dari apa yang orang dewasa di dekatnya lakukan. Jika orang dewasa (khususnya orang tua atau pengasuh di rumah) baik, anak akan belajar banyak tentang kebaikan. Selain itu, anak pada usia balita juga belajar melalui main. Aneka permainan anak yang dibutuhkan disesuaikan dengan usia dan perkembangannya. Jangan lupa, selama mainnya didampingi oleh orang dewasa dan dengan pendampingan yang tepat, tentu anak akan belajar banyak pengetahuan.

Pasir adalah salah satu media terbaik membangun motorik anak

Pasir adalah salah satu media terbaik membangun motorik anak

Jadi yang lebih penting adalah bukan pada masuknya anak ke PAUD atau TK sedini mungkin. Namun lebih kepada kesiapan anak untuk bergabung dengan lingkungan baru serta apakah lingkungan baru (baca: sekolah) tersebut baik baginya. Selebihnya, kita sebagai orang tua sendiri yang harus rajin membaca kesiapan anak, meliputi kesiapan fisik (kemampuan motorik kasar dan halusnya), kesiapan emosional (termasuk kemandirian anak), dan kesiapan kognitif (kemampuan mengikuti atau main dengan aturan) sehingga dapat menentukan apakah anak kita sudah siap ada di TK.

Clip to Evernote

14 thoughts on “Berapa Usia Ideal Anak Masuk TK?

  1. Hastira

    yup,dulu aku memasukan anak ke TK saat berumur 5 tahun itupun langsung TK besar. Sebelumnya aku biarkan dia banyak bermain. Walau aku bekerja tapi anak-anak bsia bermain dan belajar bersama aku. dan saat itulah aku banayk mendiidik mereka untuk menanamkan mereka pendidikan karakter.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Yups, bener Mba. Puasin aja dulu mainnya biar nanti pas Masuk SD udah ga main-main lagi kalau di kelas 😀

      Reply
  2. baju pria terbaru

    yah kadang gara-gara gengsi orang tua, anak jadi korban termasuk di sekolahkan sebelum waktunya. any way terima kasih buat infonya mas, sangat membantu buat calon orang tua seperti saya

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Sama-sama. Banyak orang yang kepengen punya anak tapi belum siap jadi orang tua

      Reply
    1. bangsaid Post author

      sip.. dari bermainlah anak belajar banyak hal 😉
      Salam kenal teh’

      Reply
  3. Alvian

    Saya pikir usia 5-6 pas untuk masuk TK, namun kita harus mengenal dan mengetahui dulu kurikulum yang diajarkan, porsi bermain harus lebih banyak dan tidak ada pekerjaan rumah tentunya.

    Reply
  4. Nina

    Bagus artikelnya.. syukurnya anak sy juga masuk TK saat 4 tahun, semula kukira terlalu muda.

    Makasih utk Ilmunya yg bermanfaat.

    Salam,
    NINA

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge