Mudik : Pilih Ransel, Koper, atau Tas Jinjing ?

By | July 9, 2015

Musim mudik pun sudah tiba. Saya sendiri sudah mudik sejak hari senin lalu. Sejak mengajar, saya mempunyai waktu libur yang lebih panjang dibandingkan sewaktu menjadi karyawan perusahaan swasta dulu. Enaknya ya waktu bersama keluarga lebih lama. Tapi tentu dengan konsekuensi, khususnya bagian keuangan πŸ˜€ Tuhan maha adil kan?

Ngomong-ngomong soal mudik, tak banyak bedanya dengan traveling. Bedanya mungkin dari sisi nuansa saja. Kalau traveling baik dalam maupun luar negeri kan suasananya senang-senang, benar-benar berlibur santai ria. Kalau mudik, lebih dari itu. Melepas kangen diantara salah satu alasan lainnya. Mudik juga tak mungkin dilakukan sesering mungkin meskipun bisa. Mudik di saat lebaran tentu menjadi momen yang dinantikan.

Seperti traveling, untuk memudahkan membawa barang-barang saat bepergian saat mudik, kita membutuhkan travel bag. Tas yang dibuat untuk menampung semua keperluan kita selama bepergian ini tentu berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan. Ada banyak pilihan seperti koper, ransel, atau travel bag jinjing. Tak pintar memilihnya, justru akan merepotkan kita selama mudik.

Pilih Ransel, Koper, atau Tas Jinjing? (sumber: janvier.co.id)

Pilih Ransel, Koper, atau Tas Jinjing? (sumber: janvier.co.id)

Saya sendiri lebih memilih ransel. Meskipun dulu saat kuliah, saya sempat mudik membawa-bawa koper beroda. Tapi sejak merasakan keribetannya, saya memutuskan untuk tidak menggunakannya lagi dan beralih membawa ransel. Tas jenis ini sangat cocok untuk orang-orang yang anti-ribet seperti saya. Pengennya kalau bepergian, sesimpel mungkin. Cukup digendong di punggung, kita bisa bebas bergerak kemana pun ingin melangkah. Ransel juga memudahkan kita ketika turun naik tangga saat traveling. Akhirnya hingga saat ini, ketika sudah menikah, saya masih setia menggunakan ransel untuk mudik meskipun barang bawaan menjadi bertambah dengan seperangkat perlengkapan bayi Alaric.

Pilihan berikutnya adalah koper. Beberapa orang mungkin lebih senang menggeret koper karena tidak membebani punggung. Memang sih gerak kita menjadi tidak leluasa. Tapi bagi mereka yang mengutamakan kerapihan pakaian, cocok memilih koper untuk mudik. Dengan koper segi empat ini, semua pakaian bisa ditata dengan rapi tanpa membuatnya menjadi kusut. Jadi tas jenis ini juga sangat cocok untuk mereka yang sedang dalam perjalanan dinas dari kantor agar seragam/ pakaian yang dibawa tetap terjaga kerapiannya.

Yang terakhir adalah tas jenis jinjing. Sewaktu koper beroda belum booming, tas jenis ini adalah pilihan bagi mereka yang bepergian terutama saat mudik ke kampung halaman. Meski popularitasnya mulai berkurang, tas jenis ini masih banyak dijual karena daya tampungnya juga cukup lapang. Apalagi saat ini, beberapa tas jinjing dilengkapi dengan roda sehingga memudahkan pemudik saat membawanya. Jika capek menjinjing, tinggal ditarik saja πŸ˜€

Nah, kalau teman-teman sendiri pilih mudik dengan tas yang mana? Ransel, koper, atau Tas jinjing?

Clip to Evernote

2 thoughts on “Mudik : Pilih Ransel, Koper, atau Tas Jinjing ?

    1. bangsaid Post author

      Saya naek pesawat aja tetep pake ransel πŸ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge