AdSense untuk WordPress Self Hosted

By | March 28, 2013

Jangan terkecoh dengan judul tulisan ini ya 😀 Sebenarnya saya bukan akan menjelaskan apa itu AdSense dan teknik – teknik mengoptimalkan website yang kita miliki untuk AdSense. Justru tulisan ini saya buat untuk mengundang teman -teman yang sudah expert dengan monetizing Blog mau berbagi informasi kepada saya bagaimana memasukkan iklan AdSense Google ke dalam website atau blog yang kita miliki.

Rasanya saya jauh ketinggalan informasi tentang memonetasi blog (Menghasilkan uang dari Blog). Pasalnya sampai detik ini saya masih terlalu fokus dengan tujuan awal nge-blog, berbagi tulisan/jurnal. Sedangkan banyak blogger baru yang bahkan belum genap setahun ngeblog sudah mampu mengoptimalkan blognya sebagai sumber penghasilan tambahan atau mungkin sumber penghasilan utama. Meskipun pernah mengikuti Blogilicious tahun kemarin, namun saya belum tertarik untuk memonetasi blog.

Google AdSense

Google AdSense

Hingga akhirnya di blog saya yang lain di Blogspot ada menu “Earnings” untuk memasukkan iklan AdSense Google ke dalam blog. Dan saya pun mencoba mengaktifkannya. Sekali lagi saya tidak fokus sampai awal bulan kemarin saya iseng – iseng masuk ke akun AdSense dan melihat Finalized Earnings sebesar $2,72. Wow, Lumayan juga ternyata yah. Saya pikir “Ah… ga akan terlalu menghasilkan Google AdSense itu”.

Memang penghasilan AdSense Google baru akan ditransfer ke rekening kita kalau sudah mencapai minimal $ 100. Entah kapan akan sampai kesana. Cuma yang pasti saya semakin tertarik dengannya dan ingin mengoptimalkan blog saya yang ini untuk menampilkan iklan AdSense seperti yang banyak teman – teman blogger sudah lakukan. Namun saya masih bingung karena tidak seperti di Blogger.com yang sudah tersedia menunya, di blog self-hosted berbasis WP kita harus menggunakan plugin untuk AdSense.

Saya browsing sana sini dan coba menginstal salah satu jenis plugin AdSense. Tapi malah bingung mengaktifkannya dan membuat tampilan web jadi berantakan. Ahh… semoga teman – teman yang nyasar kesini bisa berbagi cara mengoptimalkan blog untuk AdSense. Terima kasih ya… 😉

 

Sumber Gambar : himanshunegi.in

23 thoughts on “AdSense untuk WordPress Self Hosted

  1. penuliscemen

    saya belum tertarik Mas menguangkan blog. entah kenapa buat saya justru menulis apa yang ingin kita tulis dan dibaca banyak orang rasanya sangat menyenangkan. walaupun tiap bulan membayar hosting untuk sekedar kesenangan tersebut. tapi rasanya puas.

    Reply
  2. bangsaid

    Naaah… saya awalnya seperti ini. Pas liat ada nominal dolar di blog, jadi tergoda juga 😀

    Reply
  3. Mas Andank

    sama, saya juga awalnya gitu. cuman iseng dan pengen nulis aja. setelah itu pengen nguangin blog. tapi sampe sekarang nggak pernah dibayar wkwkwkwk. jadi tak pasangin iklan satu aja. itu juga nggak ada yang ngeklik 😆

    Reply
  4. Max Manroe

    Wah perlu di edit tuh mas
    1. Google adsense bisa pay out setelah kita punya earning minimal $100.
    2. Penghasilan google adsense ga ditransfer ke rekening tapi dikirimkan ke publisher melalui cek atau Western Union. Saya rekomendasikan pake Western Union karna proses nya lebih cepat dan hanya butuh biaya Rp 6000,- utk bayar materai. Kalo pake cek nyampenya lama dan kena biaya sekitar $30 (tergantung Bank lokal), udah gitu proses nya juga butuh waktu lama.

    Reply
  5. bangsaid

    Oohyaya…. terima kasih ya.
    Maklum nubie,
    الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
    Banyak belajar jadinya

    Reply
  6. Willy Permana

    sebenarnya tidak perlu pakai plugin, cukup pasang widget text berisi kode js adsense
    mengoptimasi supaya banyak yang nge-klik itu yang tidak mudah, mungkin itu yang perlu bantuan plugin 😀

    Reply
  7. bangsaid

    ntu die bang. Sampai sekarang masih bingung dg tampilan AdSense yang baru. Bingung darimana mendapatkan kode HTML/ JS nya

    Reply
  8. Yudi

    Saya pasang adsense baru beberapa bulan. Baru dapat $1,00.
    Entah kapan bisa nyampe $100..
    😯

    Reply
  9. Jefry

    saya pengen juga menekuni dunia blogging namun nampaknya blog2 usaha saya masih membutuhkan perawatan ekstra jadinya belum sempat punya waktu untyuk mengikuti program Google Adsense..

    Reply
  10. bangsaid

    spt AdSense ga terlalu mengganggu aktifitas rutin kita thd blog yang sudah kita miliki.
    Kan hanya menaruh skrip AdSense nya saja

    Reply
  11. Rina

    Sebenarnya Google Adsense yang sangat menjanjikan sebab nilai kliknya cukup tinggi dan pernah saya dapatkan $23.67/klik, masalahnya rawan banned dan itu pernah terjadi pada saya 2 tahun lalu.
    Sekarang untuk memunculkan google adsense saya harus pakai pihak ketiga atau menggunakan alternative lain seperti infolinks agar blog tetap bisa profitable
    Semoga sukses dengan Google Adsensenya, mas.

    Reply
  12. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Belum liat lagi perkembangannya 🙂

    Reply
  13. Mas Ranto

    bagi saya yg sulit adalah mendaftar domain sendiri di menu upgrade karena sampai saat ini akun saya msih yang hosted .

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Iya sekarang agak ribet ya. Tapi saya alhamdulillah sudah daftar lama.

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Iya.. sekarang google lebih selektif. Solusinya kerjasama dengan Blogger yang sudah terdaftar Adsense.
      Nanti tinggal profit-sharing. Itu yang temen-temen saya lakukan

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *